Rabu, 21 September 2016

Faktor Yang Perlu Dikuasai di Dunia Kerja


Dunia Kerja - Ada beberapa faktor yang perlu dikuasai di dunia kerja supaya kita bisa bertahan dan menikmati pekerjaan masing-masing. Kerja keras saja belum cukup karena itu hanya berhubungan dengan fisik. Faktor lain seperti mental dan pikiran juga perlu diperhitungkan. Semua faktor tersebut harus saling mendukung supaya kita puas dalam karir dan pekerjaan. 3 faktor yang perlu dikuasai di dunia kerja antara lain:

1. Karakter

Dunia kerja itu dipenuhi oleh orang-orang dengan berbagai karakter. Ada karakter ambisius yang menghalalkan segala macam cara untuk meningkatkan karir mereka, ada karakter bermuka dua, ada yang licik dan lain-lain. Segala karakter yang hadir di dunia kerja mau tidak mau harus mampu kita hadapi terutama karakter yang tidak cocok dengan kepribadian kita. Faktor utama yang perlu kita kuasai untuk menghadapi keanekaragaman karakter ini adalah mental dan kepribadian. Dengan mental dan kepribadian yang kuat kita akan mampu bertahan di dunia kerja.

2. Keahlian atau Skill

Skill merupakan hal yang mutlak kita kuasai jika ingin mendapatkan pekerjaan. Karenanya perdalamlah keahlian masing-masing sesuai dengan bidang yang dikuasai sehingga kita tidak diremehkan oleh atasan atau rekan kerja yang lain. Jangan bingung untuk mengembangkan skill karena dunia kerja dan segala peluang yang muncul nanti secara tidak langsung akan mengarahkan kita memperdalam skill dan kita harus siap untuk kembali belajar dan terus belajar.

baca juga : Gaji atau Idealisme, pilih mana?

3. Lingkungan Kerja

Faktor lingkungan kerja juga merupakan hal yang perlu dikuasai karena kita akan menghabiskan sebagian besar waktu kita di tempat kerja. Jika kita tidak pandai beradaptasi dan kurang memahami sistem kerja di kantor atau perusahaan tentunya akan membuat diri tertekan dan hal ini akan membuat kita tidak nyaman dalam bekerja. Usahakan mendekatkan diri terlebih dahulu dengan rekan kerja yang akan anda ajak selalu berdiskusi dan bertukar pikiran mengenai pekerjaan, baru selanjutnya perluas pergaulan dengan rekan kerja yang lain.


EmoticonEmoticon