Selasa, 19 Desember 2017

Tips Sukses Mendapat Pekerjaan Bagi Fresh Graduate

tips fresh graduate

Dunia Kerja - Kesempatan ini akan membahas tips yang dapat anda lakukan untuk segera mendapat pekerjaan. 6 Tips Sukses berikut berguna bagi anda Fresh Graduate untuk mendapat pekerjaan.

1. Kunjungi Career Center/Job Placement Center di Kampus anda
Sebuah career center di universitas biasanya dilengkapi dengan orang-orang yang dapat diajak konseling (curhat) terutama bagi fresh graduate selama masa pencarian kerja. Mulai dari Surat Lamaran, CV, wawancara, hingga negosiasi gaji dapat anda sharing disini. Biasanya beberapa fresh graduate bingung harus kemana atau harus melakukan apa, dan disitulah tugas dari sebuah Career Center untuk menolong mahasiswa atau alumni dalam proses pencarian kerja.

2. Bangun kembali koneksi melalui keluarga dan teman 
Dengan membangun kembali koneksi melalui keluarga dan teman-teman, maka jaringan informasi yang kamu dapatkan juga akan bertambah luas. Selain itu, kamu juga bisa bergabung pada jaringan profesional online seperti LinkedIn dan group-group pencari kerja terpercaya lainnya.

3. Hadiri Job Fair di Kampus anda
Para fresh graduate yang belum mendapatkan pekerjaan sebaiknya memoles terlebih dahulu CV dan Surat Lamaran Kerja yang telah dibuat. Kemudian, ikuti acara-acara job fair yang diadakan di kampus anda.

4. Ambil Program Magang Dibayar atau Tidak, Tidak Masalah
Apabila anda belum mendapatkan pekerjaan hingga berbulan-bulan lamanya, sebaiknya ikuti program magang yang biasanya diadakan oleh kampus yang bekerjasama dengan perusahaan-perusahaan ternama atau langsung mencoba pada perusahaan yang menyediakan program post-graduate internship. Setidaknya dengan mengikuti program tersebut, anda masih berada dalam jalur edukasi yang sesuai. Dibayar atau tidak, itu tidak masalah. Karena dengan program tersebut juga melatih anda menjadi lebih profesional pada bidang tersebut.

baca juga : 7 Tips Wawancara Kerja Bagi Fresh Graduate

5. Optimasi Profil LinkedIn anda 
Dengan era internet seperti sekarang, LinkedIn telah menjadi sebuah alat pencari kerja yang besar, dimana anda dapat terhubung dengan para alumni dari sekolah anda sebelumnya. Tentu saja, hal ini membuat anda memiliki jaringan koneksi yang besar dan akses cepat untuk menghubungi orang-orang tersebut. Well, tidak hanya LinkedIn, anda juga bisa optimalkan profil anda di JobStreet maupun website-website pencari kerja terpercaya lainnya.

6. Bersedia untuk Ditempatkan Dimana Saja 
Biasanya sebuah perusahaan yang mencari karyawan akan lebih mempertimbangkan para pelamar yang bersedia untuk ditempatkan dimana saja. Mengapa? Karena perusahaan biasanya mencari para lulusan-lulusan muda yang flexible dan tidak terikat dengan suatu area tertentu.

Bagaimana? Sudah siap mencoba TIPS dan TRIK di atas? Jangan lupa untuk selalu berdoa dan meminta doa restu orang tua agar ditempatkan pada tempat kerja yang sesuai dan terbaik untuk anda! So, Never Give Up!


EmoticonEmoticon