Selasa, 07 Maret 2017

Tips Hadapi Bos Yang Lebih Muda


Dunia Kerja - Seseorang yang mendapat kepercayaan untuk duduk di kursi pimpinan biasanya identik dengan sosok yang berwibawa dan diasosiasikan dengan kelompok umur tertentu. Namun pergeseran tren budaya kerja kini memungkinkan seseorang yang lebih muda untuk menduduki pucuk pemimpinan sebuah perusahaan. Tak jarang pula, ia harus memimpin beberapa pegawai yang memiliki usia lebih tua daripada dirinya.

Apabila Anda merupakan pegawai yang harus dipimpin dengan bos lebih muda, maka beberapa hal pun harus dilakukan agar bisa beradaptasi dengan lebih baik. Apa saja caranya? Melansir laman Forbes, Rabu (8/2/2017) berikut ulasannya:

1. Jaga perilaku
Dipimpin oleh bos yang lebih muda mungkin akan membuat Anda merasa tersaingi. Ego Anda pun akan terusik dan terus membanding-bandingkan kemampuan yang Anda miliki dengannya. Tapi, hal ini tidak boleh terus terjadi. Sebagai bawahan, Anda harus tetap bisa menjaga perilaku dan memperlihatkan dukungan terhadap apa yang ia lakukan.

2. Memiliki rasa empati
Bos Anda mungkin merasa sungkan untuk bekerja bersama di awal waktu. Tapi cobalah untuk menunjukkan rasa empati dengan senantiasa membantu apa yang ingin dilakukannya.

3. Beri Bantuan 
Bagian terbesar dari pekerjaan Anda umumnya adalah untuk menunjang performa kerja atasan Anda, jadi jika atasan Anda kemudian mengalami kesulitan, bersiaplah untuk memberi bantuan sebisa mungkin. Satu hal yang perlu Anda ingat adalah jangan berusaha menjadi mentor atau berusaha menggurui. Fokus saja untuk menyajikan data, informasi, dan fakta yang dibutuhkan beliau untuk melaksanakan pekerjannya dengan baik.

4. Serap ilmu yang dimiliki 
Bekerja dengan atasan yang lebih muda memberi Anda kesempatan untuk melihat hal-hal baru, baik dalam bentuk ide unik, penggunaan teknologi, atau cara mengambil keputusan. Semakin cepat Anda mengadopsi mindset optimistik ini, maka akan semakin mulus hubungan kerja Anda dengan sang atasan.

baca juga : Faktor Yang Perlu Dikuasai di Dunia Kerja

5. Terus perluas jaringan 
Memiliki bos dengan usia lebih muda juga berarti bahwa Anda memiliki kesempatan lebih besar untuk memperluas jaringan. Anda dapat bertemu dengan koleganya yang berada di lingkup kerja yang berbeda. Keahlian dan kenalan baru akan meningkatan kepercayaan diri Anda dan bisa jadi membuka pintu kesempatan baru yang tidak terduga.

6. Jadikan motivasi 
Memiliki atasan lebih muda kadang kala memang membuat diri Anda rentan terserang minder dan hilang kepercayaan diri. Jadikan ini pengingat bagi Anda untuk selalu memperbarui keahlian dan pengembangan diri. Dengan begitu, tangga karier yang lebih tinggi pun bisa Anda gapai.


EmoticonEmoticon